Blue Fire Kawah Ijen

[Open Trip] Kawah Ijen Blue Fire + Air Terjun Jagir

Rp234.000

Destinasi

  • Bluefire Kawah ijen
  • Kawah Gunung Ijen
  • Kaldera Kawah Ijen
  • Air Terjun Jagir

 

Pilih jumlah peserta:

SKU: OP-BFKI Category: Tag:

Description

Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncaknya. Pendakian gunung ini bisa dimulai dari beberapa tempat. Pendaki bisa berangkat dari Banyuwangi ataupun dari Bondowoso.

Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen dengan tinggi 2.443 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 Hektar. Danau kawah Ijen dikenal merupakan danau air sangat asam terbesar di dunia[1]. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Setiap dini hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00, di sekitar kawah dapat dijumpai fenomena blue fire atau api biru, yang merupakan keunikan tempat ini, karena pemandangan alami ini hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu Islandia dan Ijen. Dari Kawah Ijen, kita dapat melihat pemandangan gunung lain yang ada di kompleks Pegunungan Ijen, di antaranya adalah puncak Gunung Merapi yang berada di timur Kawah Ijen, Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Rante, dan sebagainya.

Blue Fire sendiri merupakan reaksi dari gas bumi ketika bertemu oksigen pada tingkatan tertentu. Hasil dari reaksi ini terlihat seperti api yang berwarna biru. Karena keindahannya, Gunung Ijen menjadi salah satu destinasi yang rajin dikunjungi oleh wisatawan, baik dalam maupun luar negeri. Momen Blue Fire ini  hanya terjadi pada pukul 02.00-04.00 WIB.  Fenomena ini kemungkinan sudah terjadi sejak ratusan atau ribuan tahun lalu. Hanya saja, Blue Fire baru ditemukan pada 1950 oleh penambang yang bekerja di gunung ini dan baru diekspose pada 2014 lalu.

Sumber: Wikipedia & Kumparan

 

Additional information

Meeting Point

Durasi Trip

Kegiatan

Sifat Trip

Destinasi

, , ,

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “[Open Trip] Kawah Ijen Blue Fire + Air Terjun Jagir”

Your email address will not be published. Required fields are marked *